(0 pemilihan)

Kegiatan Ektrakurikuler di SDN Senden Pilihan

Program kegiatan ekstrakurikuler diupayakan untuk menyalurkan minat dan bakat siswa, dan membantu pengaktualisasian diri peserta didik agar dapat menunjang prestasi belajarnya.

barongsai 2

Kegiatan ekstrakurikuler diikuti oleh siswa kelas 2 – 5. Hal ini dilakukan karena untuk kelas 1 siswa masih perlu dipersiapkan secara mental, agar lebih matang dan siap mengikuti kegiatan akademis pada tingkat selanjutnya, mengingat input SD sangat heterogen terutama dalam hal kesiapan mental dan emosional untuk belajar di lembaga pendidikan formal.  Kegiatan ekstrakurikuler dipilih dan kurikulumnya disusun sedemikian rupa karena kegiatan ini diorientasikan untuk prestasi.

Saat ini diselenggarakan  6 mata ekstrakurikuler dan 2pengembangan diri yang wajib diikuti oleh siswa kelas 4 dan 5. Ekstrakurikuler bersifat pilihan, tetapi guru dan pembina ekstrakurikuler berhak dan dapat mengarahkan siswa untuk memilih mata ekstra tertentu yang lebih sesuai dan bukan hanya karena ikut-ikutan teman atau desakan orang tua. Dan setelah dipilih, siswa diharapkan untuk tidak berpindah ke mata ekstra lain sebelum 1 tahun.

Proses kegiatan ekstra seluruhnya dilaksanakan pada hari Sabtu, tetapi setelah dievaluasi selama 4 tahun terakhir, ekstrakurikuler tertentu mungkin dapat dilaksanakan di selain hari Sabtu.

Mata ekstrakurikuler wajib

Untuk kelas 1 - 6 adalah kepramukaan, sedangkan untuk kelas 2 – 6 meliputi TIK, jurnalistik, pertanian organik, Bahasa Inggris, Tartil, olimpiade IPA dan olimpiade Matematika.

Mata ekstrakurikuler pilihan kelas 3 – 5 meliputi :

  1. Kepramukaan (kelas 2 dan 6)
  2. Olahraga meliputi karate bola volley dan futsal.
  3. Seni meliputi seni lukis, seni musik, bina vokal, teater,  qiroah, tartil, kaligrafi, paduan suara, marching band, dan samroh/banjari.
  4. Ilmiah : Olimpiade Matematika dan IPA
  5. Ketrampilan : Crafting
Baca 3569 kali Terakhir diubah pada Sabtu, 11 Mei 2019 04:22
SD Negeri Senden Peterongan

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Selengkapnya di dalam kategori ini: « Akses Pendidikan Terus Diperluas